Senin, 15 Juli 2013

Data dan Fakta SBMPTN 2013

sbmptn 2013Dibawah ini ada sedikit informasi menarik tentang pelaksanaan sbmptn 2013 yang telah selesai dilaksanakan, dibawah ini ada sedikit data dan fakta terkait pelaksanaan sbmptn 2013, yang terdiri dari info pendaftaran sbmptn, jenis ujian sbmptn , jumlah peserta sbmptn, tanggal-tanggal penting seputar pelaksanaan sbmptn dan pengumuman sbmptn . Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda . Terima kasih. Salam Sukses SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN

  1. Pendaftaran dilakukan secara online
  2. Pendaftaran online dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.

Jenis Ujian

Ujian Tertulis

  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian Keterampilan

  • Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Jumlah Peserta SBMPTN

  1. Sebanyak 109.853 peserta dari total 585.789 peserta ujian dinyatakan lolos pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013.
  2. Jumlah tersebut terbagi dalam tiga bidang yaitu Saintek, Soshum dan Campuran. Pendaftar Saintek berjumlah 220.769 orang
  3. Pendaftar Soshum berjumlah 232.613 dan jumlah pendaftar Campuran adalah 132.407 orang.
  4. Adapun peserta yang diterima pada bidang Saintek sebanyak 50.559 orang, bidang Soshum sebanyak 59.294 orang.
  5. Dari jumlah 585.789 pendaftar, sebanyak 529.814 orang diantaranya merupakan pendaftar biasa atau non Bidikmisi. Selebihnya yaitu 55.975 merupakan pendaftar dari jalur Bidikmisi. Sebanyak 96.383 yang diterima berasal dari pendaftar biasa atau non Bidikmisi. Sementara 13.470 lainnya yang diterima adalah pendaftar dari jalur Bidikmisi.
  6. Peserta dengan nilai tertinggi untuk kelompok Saintek seluruh Indonesia diterima di ITB, Fakultas Teknologi Industri. Sementara peserta dengan nilai tertinggi di Soshum diterima di UI, Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi

Data dan Fakta SBMPTN 2013

  1. SBMPTN yang diikuti 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan pola seleksi masuk PTN melalui jalur ujian tertulis.
  2. Sepuluh PTN penerima beasiswa Bidikmisi terbanyak adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Trunojoyo, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Andalas dan Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Sementara sepuluh PTN dengan nilai rataan peserta bidang Saintek tertinggi yang diterima yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Islam Negeri Jakarta.
  4. Adapun sepuluh PTN dengan nilai rataan peserta bidang Soshum tertinggi yang diterima adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Sriwijaya, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri Yogyakarta.
  5. Sedangkan hasil seleksi sepuluh provinsi dengan nilai rataan peserta bidang Saintek tertinggi yang diterima adalah DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Lampung, Riau, Sumatra Barat dan Bangka Belitung.
  6. Hasil seleksi sepuluh provinsi dengan nilai rataan peserta bidang Soshum tertinggi yang diterima dimulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Tanggal Tanggal Penting SBMPTN 2013

TanggalKeterangan
10 Mei – 4 Juni 2013Pembayaran melalui ATM/Internet Banking/SMS Banking Bank Mandiri
7 Juni 2013Batas Akhir Pendaftaran SBMPTN 2013
18-19 Juni 2013Pelaksanaan Ujian tertulis
20 dan/atau 21 Juni 2013Pelaksanaan Ujian Keterampilan
9 Juli 2013Pengumuman Hasil Ujian SBMPTN
Demikianlah sedikit data dan informasi yang kami rangkum tentang info sbmtpn 2013, sudah siapkan adik-adik menghadapi seleksi masuk PTN yang akan datang , lewat jalur SNMPTN / SBMPTN / SPMB ? . Ayo tetap semangat dalam meraih impian , Sukses SBMPTN 2014. Dapatkan info dan pengumuman SBMPTN 2014 , di situs ini , silakan like fan page facebook kami , untuk mendapatkan info seputar SBMPTN  :)
sumber :
  • http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/08/6/166585/109.853-Peserta-Diterima-di-SBMPTN-2013
  • http://sbmptn.or.id
  • http://snmptn.wordpress.com/
  • http://infosbmptn.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar